Selamat Datang Di Blog BU Hera, Anak-anakku yang shaleh dan shaleha,Semoga Ilmunya Bermanfaat^_^

Kamis, 20 Februari 2020

MATERI AJAR TIK KELAS 6

MATERI AJAR PERTEMUAN 7

Hari / Tanggal             : JUM'AT / 21 Februari 2020

Kelas                               : 6E DAN 6F

Standar Kompetensi    : Menggunakan Program Microsoft Office

Kompetensi Dasar       : Menggunakan Menu dan Ikon Microsoft Office Excel


MENGGUNAKAN PROGRAM MS.EXCEL

Mcrosoft excel adalah Salah satu program dalam windows untuk mengolah angka.
Dan lembar kerja ms.excel disebut sheet atau worksheet.

Cara menampilkan program Microsoft excel 2007 adalah:
Klik start, Klik All program, Klik Microsoft Office, Klik Microsoft Office Excel.

Worksheet dalam Excel terdiri dari kolom dan baris. Pertemuan antara kolom dan baris disebut dengan sel ( sel A1, A2, B1, B2 dst.). Sel-sel dalam Excel dapat diisi dengan data-data dengan jenis yang berbeda.

Jumlah Baris dalam ms.excel : 1.048.576
Jumlah Kolom dalam ms.excel : 16.384

Ada tiga jenis data yang dapat dimasukkan dalam lembar kerja, yaitu:
1. Label, berupa potongan teks/naskah, dengan ciri kas akan rata kiri apabila kita masukkan dalam sel.
2. Angka ( numerik), berupa bilangan / angka, dengan ciri akan rata kanan
3. Rumus (formula), berupa rumus perhitungan dalam Excel, dengan ciri khas selalu diawali dengan tanda sama dengan ( = ).

MENYISIPKAN SEL, BARIS ATAU KOLOM
1. Tunjuk sel mana yang akan di sisipi
2. Lalu blok kolom atau baris sebanyak yang ingin kita sisipi
3. Klik menu Insert colums / row

MENGGABUNGKAN SEL
1. Blok sel yang akan di gabung
2. Klik menu Format _ Cells
3. Klik Alignment
4. Pada text Alignment Horisontal dan Vertical dibuat Center
5. Lalu pada Text Control klik pada Merge Cell

MENENGAHKAN JUDUL
1. Blok judul sepanjang kolom yang ada
2. Lalu klik toolbar Merge and Center ( atau dengan langkah-langkah seperti pada menggabungkan sel, seperti diatas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar